Taman Doa Maria Bunda Segala Bangsa

Flores merupakan sebuah pulau di NTT yang sangat kaya dengan beragam wisata rohani. Pulau yang mayoritas penduduknya beragama Katolik ini memiliki beberapa taman doa yang indah. Salah satunya Taman Doa Maria Bunda Segala Bangsa.

Taman doa ini terletak di Bukit Keling-Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, Maumere. Taman doa ini dibangun oleh Tarekat Passionis bekerja sama dengan umat Katolik setempat dan diresmikan pada tanggal 31 Mei 2005.


Sesuai dengan namanya, di dalam taman doa ini terdapat sebuah patung Maria yang tepat berdiri di tengah taman. Patung setinggi 28 meter ini terlihat begitu tinggi dan megah. Saking tingginya patung ini juga dapat dilihat dari tengah Kota Maumere. Patung ini menjadi salah satu cara penghormatan umat Katolik terhadap Bunda Maria.

Patung perunggu seberat 6 ton ini di topang oleh empat buah pilar yang kokoh. Di tengah pilar ini terdapat sebuah ruangan yang bisa digunakan untuk berdoa. Ruangan yang berdinding seluruhnya kaca ini ditata sangat rapi dengan dilengkapi sebuah altar di tengahnya. 

Untuk dapat sampai ke tempat ini kita harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada transportasi umum yang sampai ke sini. Kita bisa juga menggunakan jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 60.000 sampai Rp. 100.000 tergantung dari penawaran kita.


Perjalanan dari Kota maumere ke taman ini memerlukan waktu sekitar 40 menit. Jalan menuju ke taman ini sudah sangat bagus dan mulus. Sebelumnya untuk sampai ke taman ini dibutuhkan waktu 1 jam karena jalan yang berlubang dan sempit. 

Rute yang ditempuh untuk sampai ke taman ini sangat mudah. Setelah keluar dari Kota Maumere, kita harus menyusuri jalan raya Maumere-Ende sampai ketemu SD Weirpelit. Setelah itu kita belok kanan ke jalan yang berada persis di samping SD itu. 

Jalan yang akan kita lalui setelah itu cukup mendaki dan memiliki banyak tikungan. Semakin jauh kita berjalan semakin sedikit rumah penduduk yang kita temui. Sampai akhirnya kita akan berjalan di atas sebuah punggung bukit yang dikelilingi hutan yang tidak begitu lebat. Dari punggung bukit ini kita sudah dapat melihat patung Maria itu.


Suasana sudah mulai terasa sejuk karena memang taman ini dibangun di sebuah bukit dengan ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Untuk masuk ke taman doa ini tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya sebuah kotak sumbangan pembangunan yang tersedia yang bisa kita isi sesuai kemampuan kita. Sebelumnya jangan lupa mengisi daftar tamu sebelum memasuki kawasan taman.


Taman ini dihiasi dengan berbagai macam tumbuhan. Ada beberapa bunga warna-warni yang tersusun rapi mengelilingi taman. Pemandangan di sekitar taman ini juga sangat indah. Dari taman ini kita bisa melihat Kota Maumere dan Laut Flores.



Susana disini sangat tenang sehingga sangat cocok bagi kita yang ingin mengasingkan diri dari rutinitas kesibukan sehari-hari. Sama seperti software yang perlu di-update, jiwa kita juga perlu sesekali di-update agar bisa berfungsi maksimal dalam mengendalikan tubuh kita. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk mengupdate jiwa kita adalah mengunjungi tempat-tempat seperti ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Kerbau dan Emas Dalam Pernikahan Adat : Cerita Dari Nagekeo

Melihat Danau Sentani Dari Bukit Teletubbies

Kali Dosai