Apa itu Pokemon Go



Dunia pemberitaan saat ini sedang ramai membicarakan tentang fenomena game Pokemon Go. Rating pemberitaannya sampai mengalahkan topik tax amnesti, pembajakan WNI di Filipina atau sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Di berbagai tempat banyak orang membicarakan tentang game Pokemon Go. Lantas apa sebenarnya game Pokemon Go itu?

Sesuai namanya, Pokemon Go merupakan game yang mengadaptasi monster-monster dari serial animasi Pokemon yang sempat populer ditayangkan oleh Indosiar. Game ini menerapkan konsep augmented reality dengan memanfaatkan kamera dan GPS di ponsel pintar pemainnya.

Game ini dikembangkan oleh 3 perusahaan yaitu Pokemon Company, Niantic Lab dan Nintendo. Gara-gara game ini, saham perusahaan Nintendo naik tajam bahkan mengalahkan pesaing abadinya Sony. Niantic Lab sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi ditelinga para gamer mania di dunia. Perusahaan spin off google ini merupakan pihak dibalik game populer Ingress yang konon merupakan sumber data dari game Pokemon Go. CEO perusahaan ini, John Hanke, disebut-sebut sebagai salah satu pencipta game Pokemon Go.

Image copyrigth by www.manggadget.com


Menurut John Hanke, ide awal pembuatan game ini adalah menciptakan sebuah game yang dapat membuat pemainnya bisa bermain game sekaligus dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Untuk mendapat monster-monster lucu yang disebut pokemon, pemainnya diharuskan untuk keluar dari rumah dan mencarinya di lokasi-lokasi spesifik. Lewat game ini, pemain juga diajak untuk menjadi seorang pelatih pokemon di dunia nyata.

Tujuan utama game ini sebenarnya cuma satu, yaitu menangkap pokemon sebanyak-banyaknya. Berbagai jenis pokemon dapat ditemukan di beberapa area geografi dunia. Sebagai contoh, jika pemain pergi ke daerah sungai, pemain akan mendapatkan pokemon jenis air. Setelah ditangkap, pemain bertugas melatih pokemon itu untuk meningkatkan level kekuatannya. Selanjutnya, para pemain bisa saling tukar pokemon atau mengajak pokemon milik pemain lain bertarung di sebuah tempat yang diberi nama gym.

Walaupun terlihat menarik, tapi game ini sudah menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang memandang positif, namun tidak sedikit orang yang juga beranggapan negatif terhadap game ini. Saya akan membahas topik ini dalam postingan saya selanjutnya.

Image copyrigth by www.mediaceloteh.com


Selamat bermain and catch 'em all!.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Kerbau dan Emas Dalam Pernikahan Adat : Cerita Dari Nagekeo

Melihat Danau Sentani Dari Bukit Teletubbies

Kali Dosai