Dampak Positif Dan Negatif Dari Game Pokemon Go

Pada beberapa minggu terakhir ini, kita makin sering melihat banyak orang terutama anak muda yang sedang berjalan kaki di beberapa tempat sambil mengamati ponselnya. Bisa dipastikan yang mereka lakukan adalah bermain Pokemon Go. Biasanya mereka melakukannya di area publik seperti di taman, alun-alun, monumen, persimpangan jalan, lapangan, dll.

Image copyrigth by www.m.tempo.com


Menurut survey yang dilakukan oleh Sensor Tower Firm, Pokemon Go mendominasi aktivitas download game di jaringan internet dunia. Total sudah 7,2 juta orang yang mengunduh game ini baik secara legal maupun ilegal sejak diluncurkan pada awal bulan Juli. Jumlah ini jauh mengalahkan game populer lainnya seperti Anggry Bird 2 dengan 2,2 juta download dan Candy Cush Jelly Saga dengan 1,8 juta download. Dari gambaran diatas tentu sangat menarik untuk melihat juga apa dampak positif dan dampak negatif dari game Pokemon Go ini.

Dampak positif game Pokemon Go
Beberapa pemain mengatakan, dengan bermain game ini mereka bisa bermain game sambil berolah raga karena game ini mengharuskan pemainnya berjalan kaki ketika ingin mencari monster pokemon. Disamping itu mereka juga dapat berkenalan dengan orang baru setiap hari terutama dengan sesama pemain. Ketersediaan jenis monter yang sesuai peta geografisnya juga memungkinkan pemain menjajaki tempat-tempat baru yang belum pernah dia datangi sebelumnya. Sebagai contoh ketika pemain pergi mencari monster di taman kota yang ada kolamnya, maka ia akan mendapatkan monster jenis air.

Keberadaan game Pokemon Go juga bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mempromosikan berbagai tempat wisata yang ada di tanah air. Hal yang bisa dilakukan salah satunya dengan menyediakan fasilitas wifi atau hotspot agar pemain tetap bisa online di lokasi wisata.

Dampak negatif game Pokemon Go
Sementara banyak yang menikmati permainan ini, tidak sedikit pula yang menghadapi bahaya. Beberapa laporan dari kepolisian di Amerika Serikat tentang banyak kecelakaan yang disebabkan pengendaranya menyetir sambil bermain Pokemon Go. Ada juga cerita pemain yang tercebur ke sungai karena tidak memperhatikan jalan saat berburu monster pokemon. Pelaku kejahatan juga dapat memanfaatkan game ini dengan cara mengarahkan banyak monster pokemon ke suatu tempat agar dapat memancing para pemain menuju tempat itu, saat pemain lengah mereka dengan leluasa melakukan kejahatan seperti merampok, dll.
Image copyrigth by nasional.republika.co.id

Game ini dapat membuat orang menjadi addict atau ketagihan sehingga melupakan hal-hal atau kewajiban yang harusnya mereka lakukan. Menurut survey, pemain rata-rata bisa menghabiskan waktu 33 menit sekali bermain. Terakhir yang lebih mengkhawatikan, karena game ini menggunakan aliran data yang besar, ditakutkan ini bisa dimanfaatkan oleh orang atau pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga mengancam keamanan negara. Terlepas dari itu semua permainnan ini tetap menyenangkan untuk dimainkan. Semua tergantung dari kita yang bisa menempatkan diri dengan bijak.

Selamat bermain and catch 'em all!. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melihat Danau Sentani Dari Bukit Teletubbies

Jalan-jalan ke Perbatasan RI – Papua New Guinea

Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Bergaya Klasik