Tips Aman Bermain Pokemon Go Untuk Anak-anak

Permainan Pokemon Go memang sangat menyenangkan. Kita diajak untuk berburu monster-monster yang mempunyai bentuk yang lucu sambil jalan-jalan. Hal inilah yang menyebabkan permainan ini sangat digemari oleh anak-anak. Namun ada baiknya para orang tua perlu waspada pada setiap dampak yang ditimbulkan dari permainan ini. Berikut akan saya berikan tips buat para orang tua yang ingin menjaga anaknya dalam bermain Pokemon Go.

Batasan

Sebagai orang tua kita perlu memberikan batasan dalam bermain Pokemon Go, seperti diarea mana mereka boleh bermain, batasan jam bermain, dengan siapa mereka membentuk tim, tentukan kewajiban yang mereka harus lakukan sebelum bermain, dll.

Image copyright by www.arenalte.com

Bermain pada malam hari

Ada beberapa pokemon yang memang hanya bisa ditangkap pada malam hari. Tapi Anda sebagai orang tua masih bisa tetap melakukan beberapa hal penting, seperti mengenakan pakaian pada anak yang berwarna terang, mengenakan gelang glow in the dark (jika ada), berjalan di tempat yang ada lampunya, jangan biarkan mereka berjalan sendirian, dll.

Bermain dan berkendara

Berkendara mobil, sepeda motor, sepeda kayuh, scooter, sepatu roda atau alat transportasi lainnya membutuhkan fokus yang maksimal. Pernah ada laporan kepolisian tentang seorang anak yang masuk ke parit karena bersepeda sambil bermain Pokemon Go. Jadi jangan biarkan anak anda berkendara sambil bermain, walaupun hanya mengendarai scooter atau sepeda.

Waspada terhadap orang asing

Permainan ini memungkinkan kita bisa bertemu dengan orang yang berbeda-beda setiap hari. Bagi anak-anak yang cenderung masih lugu, ini bisa berbahaya. Kita tidak bisa memastikan setiap orang punya niat baik atau buruk. Pastikan anak anda bermain terutama membentuk tim dengan orang yang sudah mereka dan kita kenal.

Peringatkan anak anda tentang sesuatu yang rahasia

Masing-masing keluarga biasanya punya informasi-informasi penting yang seharusnya tidak perlu diketahui orang lain, seperti identitas KTP, nomer telepon pribadi orang tua, kode rekening, nomer kartu kredit, detail informasi pekerjaan orang tua, detail harta kekayaan, dll.

Panas dan hujan

Pokemon Go mengharuskan pemainnya berjalan kaki untuk menangkap pokemon. Bagi anak yang daya tahan tubuhnya masih belum kuat, ini bisa jadi jadi ancaman. Hindarkan mereka dari panas matahari dan hujan. Waktu yang tepat bagi anak bermain Pokemon Go adalah pagi hari antara jam 6 sampai jam 9 atau sore hari antara jam 4 sampai jam 6.

Image copyriht by www.arenalte.com

Fitur untuk mengecek lamanya bermain Pokemon Go

Bagi anda pengguna ponsel android, ada cara untuk mengetahui informasi berapa lama anda bermain Pokemon Go.
  1. Nyalakan Pokemon Go anda dari home screen.
  2. Tekan atau sentuh tombol pemain pada sisi kanan layar anda.
  3. Tekan atau sentuh tombol Journal.
  4. Silahkan lihat catatan informasinya.
Bermain tapi jangan membeli

Ada beberapa item premium yang dapat anda beli di shop Pokemon Go. Tapi untuk anak anda sebaiknya jangan. Mereka sudah cukup senang bermain dengan item-item gratis yang disediakan oleh Pokemon Go. Anda bisa melakukan off iTunes account di menu setting.

Saya berharap anda masih tetap memberikan kebebasan kepada anak anda menikmati perkembangan teknologi yang ada saat ini. Tapi tetap dengan pendampingan dan pengawasan yang terpadu dari kita sebagai orang tua.

Selamat bermain and cacth 'eem all!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melihat Danau Sentani Dari Bukit Teletubbies

Jalan-jalan ke Perbatasan RI – Papua New Guinea

Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Bergaya Klasik