Lakukan 8 hal ini agar tetap fit seharian

Lakukan 8 hal ini agar tetap fit seharian - Manusia jaman sejarang ini mempunyai hidup yang lebih kompleks. Mulai dari bangun pagi sampai kembali tidur pada malam hari penuh dengan rutinitas. Rutinitas baik yang melelahkan ataupun yang santai sekalipun pasti menuntut kita agar punya energi yang cukup agar kita bisa menjalaninya. Berikut 8 kebiasan baik yang dapat kita lakukan untuk menjaga badan dan jiwa tetap fit.

Bangun pagi

Bangun pagi adalah salah satu kebiasaan baik. Dengan bangun lebih pagi kita bisa mempunyai waktu lebih untuk melakukan aktifitas lainnya seperti berdoa atau meditasi, berolah raga, menyiapkan sarapan, dll.

Makan pagi

Ada mitos yang mengatakan bahwa makan pagi bisa mengakibatkan ngantuk. Itu bisa jadi pendapat yang salah. Yang terpenting kita bisa memilih menu makanan yang seimbang, antara lain : 25% Protein (telur, yougurt, dll), 25% karbohidrat (roti gandum, sereal, ubi, jagung, dll), 50% sayur dan buan (pisang, pepaya, selada, lalapan, dll).

Minum air putih sepanjang hari

Minum air sangat baik untuk menjaga pasokan oksigen ke otak anda. Sebab jika otak kita kekurangan oksigen, kita akan lebih cepat merasa kantuk dan kurang konsentrasi. Selain itu kondisi iklim tropis di Indonesia mengharuskan kita minum air yang banyak agar terhindar dari dehidrasi.

Bergerak

Tubuh kita pada dasarnya tidak diciptakan untuk terbiasa dalam posisi diam. Jadi lebih banyak bergerak itu baik untuk menciptakan kondisi yang baik bagi tubuh. Untuk anda yang pekerja kantoran mungkin anda bisa mencoba melakukan gerakan seperti berdiri dan duduk berulang-kali dari kursi anda atau berjalan mengintari ruang kerja selama beberapa menit.


Menu makan siang

Pilihlah menu yang cocok untuk makan siang seperti gandum, daging sapi tanpa lemak, dan sayuran. Jangan mengonsumsi karbohidrat berlebih untuk menghindari efek kantuk.

Kurangi mengendarai kendaraan

Kita sudah terbiasa berangkat ke kantor atau beraktifitas menggunakan kendaraan pribadi. Padahal ini justru mengurangi aktifitas kita bergerak. Bersepeda atau berjalan kaki ke tempat kerja adalah sata satu contoh kebiasaan yang dapat anda lakukan agar tetat fit.

Waktu makan malam yang tepat

Waktu yang tepat untuk makan malam adalah 3 jam sebelum anda tidur. Ini sangat membantu terutama pada proses metabolisme di dalam tubuh. Jika anda lapar, hindari makanan dengan porsi terlalu besar sebelum tidur.

Persiapan sebelum tidur

Kualitas tidur yang baik dapat menentukan kebugaran tubuh anda keesokan harinya. Untuk tidur berkualitas anda harus melakukan beberapa hal seperti usahakan mandi dengan air hangat, hindari kontak dengan gadget 30 menit sebelum tidur, dan melakukan gerakan relaksasi seperti tidur terlentang dengan kedua kaki disandarkan ke tembok mengarah ke atas.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melihat Danau Sentani Dari Bukit Teletubbies

Jalan-jalan ke Perbatasan RI – Papua New Guinea

Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Bergaya Klasik