Sukses Interview Dengan 6 Tips Bagi Traveler

Sukses interview dengan 6 tips bagi traveler - Interview atau wawancara digunakan untuk mengetahui kepribadian dan kapabilitas seseorang. Sekarang hampir di semua bidang kehidupan dan profesi pasti ada interview. Untuk kita yang hobi traveler juga tidak luput dari hal ini. Mulai dari pengurusan paspor dan visa sampai mengurus imigrasi di bandara atau di perbatasan antar negara. Terkadang anda bisa gagal mengunjungi suatu negara karena gagal intervie. Nah untuk itu mari kita simak dulu 10 tips sukses interview berikut ini:

Persiapan awal

Sebelum interview, siapkan semua berkas yang dibutuhkan. Seperti identitas diri, tiket tranportasi, tiket hotel, rekening tabungan dan asuransi perjalanan, dll. Siapkan juga rencana perjalanan anda, seperti berapa lama anda tinggal, kemana saja anda akan pergi, dan tujuan anda pergi. Untuk beberapa negara juga mensyaratkan tes kesehatan untuk memastikan anda terbebas dari penyakit tertentu.

Kesan awal

Tunjukan kesan  awal yang bagus. Berikan senyuman dan tatapan mata ketika pertama kali bertemu pewawancara. Gunakanlah pakaian yang pantas (sebaiknya gunakan kemeja, celana panjang dan sepatu). Sebuah survey menunjukan 30 detik pertama menentukan keberhasilan interview anda.

Jangan bertele-tele

Berikanlah jawaban yang kongkrit dan tuntas. Jangan menjawab diluar dari konteks yang dibicarakan. Sebaiknya gunakan waktu 1 sampai 5 detik untuk berpikir sebelum menjawab.

Berpikir positif

Pewawancara menilai kepribadian anda melalui jawaban yang anda berikan. Berkaitan dengan isu terorisme belakangan ini, banyak negara yang menaruh perhatian lebih untuk ini. Jika ada pertanyaan yang sensitif, seperti tentang agan dan radikalisme, sebaiknya berikan jawaban yang bersifat umum dan positif. Jangan terlalu banyak menjelaskan karena itu berarti anda menaruh perhatian lebih, tapi jangan juga berdiam diri karena itu berarti anda menyembunyikan sesuatu.

Perhatikan bahasa tubuh anda

Intinya bukan pada apa yang anda katakan, tetapi bagaimana anda mengetakan. Hal ini juga merupakan prisip dasar untuk interview kerja. Usahakan selama wawancara jangan melipat tangan anda. Jangan melihat ke lantai atau dinding. Tunjukan anda fokus dengan selalu menjaga kontak mata dengan pewawancara. Gunakan tangan anda untuk menjelaskan point-point penting.

Klarifikasi kemampuan anda

Diperiapan awal tadi saya sempat menyinggung tentang buku rekening dan asuransi perjalanan. Ada beberapa negara yang tidak ingin negaranya menerima orang yang asal nekat traveling. Misalnya anda hanya memiliki sedikit dana untuk berlibur, tanpa kita duga terjadi suatu hal yang kita tidak inginkan, maka hal ini akan membebani negara mereka yang bertanggung jawab atas diri anda.

Kendala bahasa

Kendala ini biasanya dihadapi saat mengurus imgrasi di bandara atau lelabuhan dan perbatasan antar negara. Sebaiknya anda menguasai Bahasa Inggris dasar. Usahakan hapal pertanyaan-pertanyan yang sering ditanyakan, seperti : tujuan anda pergi, dimana anda akan tinggal, bersama siapa anda pergi, untuk waktu berapa lama, apa saja yang anda bawa, dan apakan anda memiliki riwayat penyakit tertentu.

Loket Imigrasi Bandara Internasional Changi

Membaca penjelasan diatas kayaknya ribet ya... Begitulah peraturan tiap negara berbeda-beda. Tapi tenang saja, sekarang setiap negara sedang berlomba-lomba untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke negaranya. Asal saja dokumen anda lengkap dan anda tidak sedang dalam buruan Interpol, bisa dipastikan urusan berlibur anda akan lancar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Kerbau dan Emas Dalam Pernikahan Adat : Cerita Dari Nagekeo

Melihat Danau Sentani Dari Bukit Teletubbies

Kali Dosai